Berapa Gaji Dokter Umum dan Dokter Spesilis di Indonesia

โ€”

by

in

Dokter merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang banyak diminati karena merupakan pekerjaan mulia yang memiliki gaji cukup tinggi. Tetapi tahukah kamu sebenarnya berapa gaji dokter di Indonesia? Dengan penjelasan di bawah ini, kamu akan lebih memahami gaji dokter, sehingga ketika kamu ingin memutuskan untuk kuliah jurusan kedokteran nantinya kamu akan mendapatkan gambaran gaji yang kamu terima setelah menjadi dokter.

Kita tahu bahwa untuk menjadi seorang dokter membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan harus menempuh pendidikan lebih lama dibandingkan kuliah di jurusan selain kedokteran. Tetapi perlu kamu ketahui juga profesi dokter tidak ada masa pensiun, karena dokter usia lanjut masih diperbolehkan menangani pasien.

Dengan biaya sekolah kedokteran yang mahal sampai ratusan juta, pastinya banyak orang penasaran dengan berapa gaji dokter di Indonesia. Apakah biaya ratusan juta tersebut sebanding dengan gaji yang diterima selama sekolahnya.

Untuk gaji seorang dokter biasanya dibedakan dari jabatan dan tergantung jenis dokter yang dimiliki, apakah bekerja sebagai dokter umum atau dokter spesialis.

Berapa Gaji Dokter di Indonesia Terbaru Tahun Ini?

Ketika kamu bertanya berapa gaji dokter di Indonesia terbaru, maka gaji yang diterima menjadi dokter tegatung dengan jabatan, masa kerja dan gelar dokter yang dimilikinya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang gaji dokter di Indonesia terbaru tahun 2022.

Gaji Dokter Umum

Untuk dokter umum akan memiliki gaji sekitar 3 jutaan, tetapi ada juga di beberapa daerah di Indonesia yang gaji dokter umum di bawah 3 juta. Gaji dokter umum kurang dari 3 juta ini umumnya adalah dokter yang bekerja di puskesmas. Tetapi rata-rata gaji dokter umum di Indonesia di tahun 2022 adalah sekitar Rp 3,8 juta per bulan.

Gaji Dokter Spesialis

Gaji dokter sepsialis tentunya sangat berbeda jauh dengan dokter umum, beradasarkan data dari kementrian kesehatan untuk gaji dokter sepesialis dari Rp 23 juta sampai Rp 25 juta. Gaji dokter spesialis tersebut belum termasuk insentif tambahan, dan tunjangan lainnya. Jadi ketika ditambahkan tambahan insentif dan tunjangan, gaji dokter spesialis bisa mencapai Rp 80 juta per bulannya.

Gaji Dokter Bedah

Dokter bedah juga termasuk dalam dokter spesialis yang fokusnya melakukan pembedahan pasien saat melakukan operasi. Gaji dokter bedah di beberapa rumah sakit di Indonesia bisa mencapai Rp 20 juta sampai Rp 45 juta. Jika dokter bedah jabatan dan pengalaman semakin tinggi, maka gaji akan lebih besar.

Gaji Dokter Gigi

Untuk gaji dokter gigi yang merupakan dokter yang bekerja spesialis menangani masalah tentang gigi, di indonesia mendapatkan gaji sekitar Rp 12 juta sampai 30 juta per bulan. Gaji dokter gigi tersebut sudah termasuk tunjangan dan gaji pokok.

Gaji Dokter Hewan

Selain dokter manusia, ada juga profesi sebagai dokter hewan yang mengatasi berbagai masalah dan penyakit pada hewan. Gaji dokter hewan di Indonesia adalah sekitar Rp 4 juta sampai 10 juta per bulan.

Jadi itulah jawaban dari pertanyaan berapa gaji dokter di Indonesia, dan kami menjelaskan beberapa gaji dokter di Indonesia dengan profesi yang berbeda-beda. Gaji dokter terkecil adalah gaji dokter umum, dan gaji dokter terbesar adalah profesi sebagai dokter spesialis yang bisa mencapai 45 juta lebih dalam satu bulan.

Lalu bagaimana apakah kamu tertarik untuk menempuh pendidikan kendokteran untuk bisa mendapatkan gaji dokter yang dijelaskan di atas? Jika kamu tertarik kamu bisa ikut BIMBEL SIMAK UI KEDOKTERAN, jika kamu tertarik masuk jurusan kedokteran di UI.