Gunung Tertinggi di Indonesia

โ€”

by

in

Indonesia terkenal dengan banyaknya Gunung Berapi yang menjulang tinggi hingga mencapai 4.000 mdpl. Gunung-gunung tertinggi di Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sebab, Indonesia dilalui dua jalur pegunungan dunia, yaitu Sirkum Pasifik dan Mediterania.

Dengan banyaknya jumlah gunung, para pecinta alam yang gemar mendaki gunung tak akan kehabisan tempat untuk mengeksplor keindahan alam di Indonesia.

Berikut ini merupakan 4 Gunung Tertinggi di Indonesia yang perlu diketahui.

1. Puncak Jaya Wijaya

Gunung yang terletak di Provinsi Papua ini menjadi urutan nomor satu dengan kategori gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter. Dengan ketinggian ini, ย Puncak Jaya Wijaya juga masuk salah satu gunung tertinggi di dunia.

2. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi selanjutnya adalah Kerinci sekaligus merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra. Gunung ini berada di antara perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi, dan Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

3. Gunung Rinjani

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.762 mdpl dan terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung tertinggi yang populer dan banyak mengundang pendaki untuk menikmati keindahan alamnya.

4. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Semeru. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 mdpl dengan bagian puncak tertinggi yang populer dengan sebutan Mahameru.

Itulah 4 Gunung Tertinggi yang ada di Indonesia, semoga dapat menambah informasi Anda jika ingin mendaki salah satu gunung tersebut.