Pengertian Reklame dan Fungsinya Secara Lengkap

Untuk meningkatkan daya tarik produk maupun jasa maka dibutuhkan reklame. Reklame ini juga seringkali kita lihat di sudut kota seperti papan iklan, spanduk serta baliho. Reklame juga ada saat kita menonton televisi, mendengarkan radio dan di internet melalui iklan atau promosi.

Reklame tersebut dibuat semenarik mungkin agar banyak yang tertarik. Lalu apa sebenarnya reklame itu? Dibawah ini kami berikan ulasan mengenai pengertia dan fungsi dari reklame.

Apa Itu Reklame ?

Pengertian Reklame menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sebuah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan dengan menggunakan kata-kata dan gambar yang menarik.

Atas dasar itulah, kita bisa mengartikan reklame sebagai istilah untuk teknik dalam mempromosikan suatu produk maupun jasa dengan menggunakan tulisan disertai dengan gambar yang terlihat menarik.

Reklame fokusnya pada gambar dan tulisan sehingga wajar apabila kamu juga banyak menemukan contoh reklame yang berbentuk papan iklan yang terdapat di pinggir jalan.

Papan iklan sebuah reklame ini seringnya bentuknya besar. Hal ini dikarenakan memang fokusnya pada tulisan dan gambarnya saja.

Jadi dengan ukuran besar yang dimilikinya maka banyak orang yang akan melihat tulisan ataupun gambar dengan jelas yang ada di papan ikan tersebut.

Jadi informasi yang disampaikan tersebut juga bisa diterima dengan jelas dan tersampaikan dengan baik. Ini akan membuat orang makin banyak mengenal produk ataupun jasa  tersebut.

Dan hal tersebut juga sudah sesuai dengan pengertian reklame yang sudah disampaikan di awal tadi.

Di dalam KBBI sendiri disebutkan bahwa reklame ini bisa juga diartikan sebagai sebuah iklan. Akan tetapi sebenarnya antara iklan dan reklame sedikit berbeda.

Pada iklan biasanya informasi yang disampaikan akan detail. Di iklan, kamu juga bisa melihat mengenai kekurangan sekaligus kelebihan dari sebuah produk ataupun jasa. Kita juga bisa menamakan iklan ini dengan bentuk teks yang panjang.

Bahkan, iklan juga  bisa kamu temukan dalam bentuk artikel. Lalu untuk medianya, biasanya ikan juga akan menggunakan media cetak misalnya majalah, brosur dan lain-lain.

Selanjutnya reklame ini berbeda dengan iklan. Karena tulisan yang ada di reklame ini terbatas. Meskipun tulisannya terbatas namun produk ataupun jasa ini harus bisa disampaikan dengan baik.

Jadi media promosi tersebut menggunakan gambar dan tulisan yang besar. Tujuannya yaitu agar informasinya bisa tersampaikan terkait dengan produk maupun jasa yang ada.

Fungsi Reklame

Setelah mengetahui pengertian reklame ini ada baiknya kamu juga harus tahu fungsi dari reklame. Tentunya fungsi ini juga bisa kamu rasakan setiap melihat papan reklame di tepi jalan.

Dengan adanya reklame tersebut tentunya kamu juga lebih mengenal suatu produk ataupun jasa. Dan karena setiap hari dilihat maka kamu juga menjadi lebih familier terhadap produk ataupun jasa tersebut.

Dan karena kamu juga sudah mempunyai informasi mengenai produk atau jasa yang tertera maka kamu juga bisa mengambil keputusan dengan matang apakah kamu akan menggunakan produk atau jasa tersebut.

Biasanya reklame yang baik pastinya akan bisa meyakinkan dalam menggunakan produk atau jasanya. Bukan sebaliknya yang malah membuat kamu makin tidak menyukai produk atau jasa tersebut.

Fungsi lainnya dari reklame ini adalah kamu memiliki pengetahuan kapan akan menggunakan produk atau jasa tersebut.Karena kamu juga sudah mendapatkan informasi yang cukup melalui apa yang tertera di reklame.

Jadi tinggal mengikuti saja cara yang sudah tertera jika membutuhkannya.

Misalnya untuk keterangan yang ada di reklame yaitu bahwa produknya tersedia di supermarket. Lalu untuk jasa berupa nomor kontak yang bisa dihubungi.