Review Mengenai Beberapa Pesantren di Bogor

โ€”

by

in

Pondok pesantren atau ponpes adalah sebuah institusi pendidikan yang secara khusus menyelenggarakan pendidikan agama Islam dengan menggunakan sistem asrama. Hal ini berarti para santri yang belajar di ponpes harus menginap di asrama tersebut. Ada banyak ponpes yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah kota Bogor. Kota ini memiliki beberapa pesantren baik pesantren yang secara khusus mempelajari agama Islam saja maupun pesantren dengan kurikulum modern. Fasilitas yang disediakan oleh setiap ponpes disesuaikan dengan kebutuhan para santri di ponpes tersebut. Berikut ini beberapa review tentang ponpes yang ada di kota Bogor.

Ponpes di Kota Bogor

Salah satu ponpes di kota Bogor yang menggunakan kurikulum modern adalah Pesantren Al Andalus Islamic International Boarding School Bogor. Pesantren ini terletak di Sukadamai Bogor. Pesantren Al Andalus Islamic International Boarding School Bogor menyediakan dua jenjang pendidikan yang bisa ditempuh oleh para santri yaitu SMPIT dan SMAIT. Kedua jenjang pendidikan tersebut menggabungkan kurikulum pembelajaran agama dengan kurikulum nasional. Sehingga, para santri yang lulus akan mendapatkan 2 jenis ijazah yaitu ijazah pesantren dan ijazah negara. Bagi para santri yang lulus dari SMPIT dapat secara langsung melanjutkan pendidikan ke SMAIT. Akan tetapi, para santri yang lulusan non SMPIT dan berniat untuk belajar di SMAIT, mereka harus mengikuti program Iโ€™dad Lughawi. Materi yang ada pada program Iโ€™dad Lughawi adalah pengenalan tentang Bahasa Arab serta pengetahuan agama dasar agar para santri bisa mengejar ketertinggalan sebelum mengikuti pembelajaran di SMAIT. Pesantren ini juga mengajarkan berbagai macam keterampilan lainnya seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Boga, Panahan, dll.

Ponpes lain di Kota Bogor yang juga direkomendasikan adalah Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor. Seperti namanya, pesantren ini memiliki sistem pembelajaran modern, Sehingga, kurikulum pendidikan agama diintegrasikan dengan kurikulum pendidikan umum. Hal ini membuat para santri memiliki kemampuan untuk bisa berkontribusi di masyarakat. Para santri bisa belajar di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor melalui dua jenjang pendidikan mereka yaitu jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Jenjang Tsanawiyah merupakan jenjang menengah, sedangkan jenjang Aliyah merupakan jenjang tinggi. Bagi para santri yang masuk ke Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor, mereka akan menjalani program persiapan selama satu tahun bersama. Program persiapan itu dilaksanakan untuk memperkenalkan para santri tentang Bahasa Arab serta pengetahuan agama Islam dasar.

Kota Bogor juga memiliki sebuah pesantren yang sudah bertaraf internasional. Pesantren tersebut bernama Pesantren Modern Sahid Bogor. Seperti namanya, pesantren ini memang mengintegrasikan kurikulum pendidikan agama dengan kurikulum pendidikan nasional. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Selain itu, para santri yang ingin belajar di pesantren ini juga dapat menempuh pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Fasilitas yang disediakan oleh pesantren ini juga sangat lengkap. Sehingga, banyak lulusan santri yang mampu melanjutkan pendidikan hingga luar negeri.

Penggunaan Peci Songkok

Bagi seorang santri yang tinggal di pondok pesantren, ia tentu perlu menyesuaikan pakaian yang dikenakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu ornamen pakaian yang biasanya ditetapkan oleh pesantren adalah peci songkok. Banyak pesantren yang mengharuskan para santri laki – laki untuk mengenakan peci songkok tersebut. Oleh karena itu, para santri laki – laki bisa mendapatkan peci songkok tersebut dengan membelinya di agen peci kopiah songkok.