4 Universitas di Luar Negeri yang Terkenal dan Berkualitas

โ€”

by

in

Apakah Anda ingin belajar di universitas luar negeri? Lalu, apakah Anda sudah menentukan universitas mana yang akan Anda tuju? Faktanya, ada puluhan bahkan ratusan universitas di luar negeri yang terkenal dan menjadi favorit mahasiswa internasional. Tak heran jika banyak pelajar yang berebut mencari bimbingan beasiswa luar negeri.

Artinya, Anda harus mempertimbangkan dengan baik universitas apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan passion Anda. Beberapa pertimbangan tersebut meliputi lingkungan, budaya, biaya, hingga sistem pendidikan. Well, berikut adalah daftar universitas luar negeri terbaik dan terkenal!

MIT (Massachusetts Institute of Technology)

Lokasi universita ternama, MIT, adalah di Cambridge, Massachusetts. Sebenarnya, lembaga ini merupakan sebuah universitas serta institusi riset swasta Cambridge. Terdapat 1 perguruan tinggi serta 5 sekolah di lembaga ini yang mana meliputi 32 department khusus teknologi dan sains.

Satu hal yang membuatnya selalu unggul adalah keberhasilannya yang bergabung di Asosiasi Universitas Amerika. Universitas ini pun menjalankan peran penting sebagai kampus riset yang mana program penelitiannya paling aktif di dunia.

Umumnya, pemerintah federal selalu melirik dan merekrut mahasiswa atau alumni MIT sebagai karyawan. Contoh departemen pemerintah federal tersebut yakni Departemen Science, Departemen Pertahanan, hingga NASA.

Harvard University

Universitas ini terletak di negara Amerika Serikat, tepatnya Cambridge, Massachusetts. Bangunan menjulang tinggi ini berada di atas lahan seluas 2000 hektar. Mahasiswa pun sangat menikmati dunia perkuliahan yang mewah dan luar biasa kualitasnya.

Harvard masuk dalam jajaran kampus bergengsi yang ada di seluruh dunia. Bahkan, pendapatan universitas ini tergolong paling besar diantara semua kampus ternama di dunia.

Fakultas yang terdapat di universitas ini sangat beragam. Ya, kampus ini menyediakan sekitar 9 fakultas terbaik. Anda bebas memilih sesuai passion misalnya fakultas kedokteran, fakultas sains dan seni, Harvard Law School, dan lainnya.

Tokyo University

Jepang telah menjadi negara tujuan dalam bidang riset dan pendidikan. Hal ini karena negara ini begitu mengedepankan sains serta teknologi. Negeri Sakura ini memiliki standar pendidikan yang tinggi. Sehingga, banyak mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan di Jepang, tepatnya Tokyo University.

Universitas Tokyo adalah lembaga perkuliahan ternama sekaligus tertua di Jepang. Kampus ini telah melahirkan banyak karya penelitian terbaik dan politikus besar di dunia. Bahkan, banyak mahasiswa Harvard yang berhasil meraih beragam Nobel. Inilah yang membuat kampus ini sangat terkenal.

Cambridge University

Negara Inggris mempunyai banyak kampus terbaik dan populer. Salah satunya yakni Cambridge University. Universitas ini tergolong sebagai kampus paling bergengsi di dunia. Bahkan, di Inggris, Cambridge adalah kampus tertua kedua.

Universitas ini memberikan syarat yang cukup ketat kepada para calon mahasiswa yang mendaftar. Sehingga, suatu kebangaan dan kehormatan jika mampu memasuki kampus ternama itu. untuk mendukung keberhasilan lolos di Cambridge, Anda bisa mencari bimbingan beasiswa luar negeri.

Cambridge University juga masuk dalam jajaran universitas yang memiliki titik fokus terhadap riset. Himpunan tersebut yakni Grup Russel di Britania. Selain itu, kampus ini pun menjadi anggota himpunan Liga Universitas Riset terkemuka yang berada di Eropa.

So, dari ke 4 universitas di luar negeri yang terkenal tersebut, apakah ada salah satu yang menarik perhatian Anda? Yang pasti, jika Anda hendak mendaftar di universitas itu, Anda harus melakukan usaha ekstra. Ini karena Anda tidak berjuang sendiri melainkan ada pesaing yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Semoga berhasil!